tikus
Hama Semut

Hubungi Kami Sekarang !
0812-1846-6197 | 0267-7304-568

Memiliki masalah dengan hama semut?

Semut adalah makhluk sosial yang tidak berbahaya, kehadirannya bisa mengganggu jika kawanannya mulai menyantap makanan atau minuman anda. Semut adalah hewan omnivora, cenderung memakan semua sajian yang ditemukan seperti remahan makanan, sayuran, biji-bijian, buah atau bangkai hewan. Bagi semut yang penting makanan tersebut mengandung gula, protein, dan lemak. Semut hitam adalah jenis semut yang sering ditemukan di dalam rumah. Meski tidak berbahaya, namun ada beberapa jenis semut yang menyengat melalui ekornya, seperti semut api. Nyatanya semut api tidak menggigit, namun menusukkan jarum pada ekornya dan membagi racun yang disekresikan. Sengatan berkali-kali ini yang membuat sengatan kecilnya sakit dan membara.



Semut hidup secara berkoloni dan memiliki kasta, sama seperti rayap yaitu kasta semut ratu, semut pejantan, dan semut pekerja. Masing-masing kasta memiliki tugasnya masing-masing. Kasta ratu bertanggung jawab sebagai pendiri koloni atau betina yang bertelur, kasta pejantan bertugas dalam bereproduksi, dan kasta pekerja bertugas mencari makan dari luar sarang kembali ke dalam sarang. Kebanyakan semut pekerja adalah betina, ketika betina tidak dilahirkan sebagai ratu, maka secara otomatis menjadi pekerja. 


Para semut pekerja mencari makan keluar dari sarangnya dengan meninggalkan jejak berupa aroma khas yang terbuat dari feromon agar bisa pulang kembali ke sarang. Feromon adalah zat kimia yang dikeluarkan oleh hewan untuk berkomunikasi dengan jenis hewan yang sama lainnya dan memiliki daya pikat seksual pada jantan maupun betina. Dengan cara ini, semut dapat menemukan kembali makanan yang telah ditinggalkan dan sebagai sinyal bagi semut yang membutuhkan pertolongan serta kawanan semut juga bisa ikut berbondong-bondong menghampiri sumber makanan. Oleh karena itu, semut selalu berjalan berbaris untuk memperbanyak jejak feromon di sepanjang jalan yang dilewati. 


Ada beberapa tips untuk mengusir semut, yaitu membersihkan atau mengelap meja dari remahan cemilan anda, menyapu dan mengepel lantai dari sisa-sisa makanan, rajin membuang sampah yang ada di dalam rumah anda, menutup celah-celah kecil yang biasa ada di dapur atau retakan pada tembok, menutup kembali dengan rapat persediaan makanan dan minuman serta menggunakan kapur anti semut.



Semut menjadi sulit dikendalikan, karena cara bertahan hidupnya yang sangat kuat. Semut pekerja akan selalu mencari makanan sepanjang hari 24 jam non-stop demi kelangsungan hidup koloninya. Apalagi jika semut telah membuat sarang baru di dalam rumah anda.


Cara yang terbaik adalah dengan memanggil Jasa Pest Control karena dilakukan dengan cara profesional dan terstruktur.

Segera Panggil AAG Karawang sekarang !